Hari Pertama Beroperasi, Lalin Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Masih Sepi

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka 6 ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang. Pada hari pertama ruas tol Kelapa Gading-Pulog Gebang beroperasi, situasi lalu lintas masih sepi.
Pantauan detikcom di lokasi, pukul 10.30 WIB ruas tol ini sangat lengang. Sejumlah kendaraan roda empat atau mobil melintas tapi tak banyak.

Saat ini pengendara belum dikenakan tarif jalan tol alias gratis. Mobil yang melintas, berdasarkan pengamatan, didominasi mobil pribadi.

Diketahui ruas jalan tol sepanjang 9,3 km ini sudah selesai dibangun dan diresmikan kemarin (24/8). Presiden Jokowi berharap jalan tol dalam kota ini bisa menjadi manfaat bagi masyarakat.

Situasi lalu lintas di Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang hari pertama beroperasiFoto: Situasi lalu lintas di Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang hari pertama beroperasi (Karin Nur Secha/detikcom)
“Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan masyarakat,” kata Jokowi melalui video yang disiarkan kanal YouTube Setpres.

Jokowi mengatakan jalan tol ini untuk melengkapi jalan tol metropolitan Jabodetabek. Selain itu, merupakan bagian dari Lingkar Dalam Jakarta dan Lingkar Luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road.

“Kita harapkan dengan selesainya Jalan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer ini, kecepatan distribusi logistik akan semakin baik, daya saing komoditas-komoditas kita juga semakin baik,” ujarnya.

“Karena jalan tol ini juga terkait dengan kawasan ekonomi khusus Marunda dan juga terhubung juga dengan pelabuhan Tanjung Priok, sehingga akan memperkuat, meningkatkan daya saing kita dan juga utamanya mobilitas orang di Jakarta akan semakin baik, mobilitas barang antara kota dan Kota Jakarta dan sekitarnya juga akan semakin baik,” sambung Jokowi.

sumber : detik