Kafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi Lokal

Jakarta – Gelato biasanya dibuat dengan susu premium impor, namun sebuah kafe di Blitar bisa mengolah susu sapi lokal jadi gelato lezat. Rasanya mirip gelato Italia!
Beberapa makanan barat memang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Namun tak banyak yang diolah menggunakan produk lokal asli Indonesia.

Kebanyakan pebisnis kuliner membangun kafe kekinian dengan konsep makanan barat di kota besar. Tapi berbeda dengan Agus, pria asli Blitar ini berani membangun kafe kekinian di kampung halamannya.

Lewat youtube channel Pecah Telur (5/8) Agus menceritakan pengalamannya saat ‘nekat’ membuka kafe di Blitar. Kafe bernama ‘D Classe’ ini sekarang sudah punya nama dan terkenal di kalangan anak muda Blitar.

Kafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi LokalKafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi Lokal Foto: youtube Pecah Telur / instagram @declasse
Baca juga: Indonesia Banget! Ada Gelato Rasa Nasi Uduk hingga Bumbu Pecel
Dibuka tahun 2016, Agus mendirikan kafe ini karena ia dan keluarganya hobi makan namun tak bisa menemukan kafe cozy di Blitar. Dengan modal nekat, Agus pun mendirikan kafe ini. Sambil terus belajar, Agus berusaha menyajikan makanan enak dan berkualitas, termasuk salah satunya gelato.

Diakui Agus, agak sulit memperkenalkan gelato di Blitar. Masyarakat belum banyak yang tahu soal es krim ala Italia ini.

“Kendala besar itu memperkenalkan gelato di masyarakat lokal. Gelato itu di Indonesia tidak familiar, lebih gila lagi di Blitar. Orang-orang pada tanya gelato, apa itu gelato, sama nggak sama gelatin, haram itu,” kata Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, masyarakat mengira gelato sama dengan gelatin yang biasanya terbuat dari tulang babi. Padahal gelato dan gelatin dua hal yang berbeda.

Tak mau asal menjalankan bisnis kuliner, Agus dan anaknya, Dana, bahkan melakukan survei langsung ke Italia demi mencicipi gelato aslibdi negara tersebut.

“Kita harus punya guide book dulu. Oh begini rasa gelato asli, oh seperti ini teksturnya. Kita keliling Milan buat coba gelato. Tapi justru gelato enak kita temukan di desa, di pelosok Italia. Jadi memang kalau mau merasakan kuliner autentik ya harus ke tempat asalnya,” beber Agus

Setelah punya ‘patokan’ gelato yang enak, Agus kemudian mencoba membuat es krim premium ini dengan mengandalkan susu sapi lokal. Meskipun tidak mudah tapi Agus yakin bisa menghasilkan gelato lezat.

Sumber : detik