Karya Seni Pisang Rp 1,68 M Tiba-tiba Saja ‘Dimakan’ Seniman Lain

LIGAPEDIA – Pekan lalu karya seni pisang yang terjual Rp 1,68 miliar di Art Basel Miami menjadi perbincangan para pencinta seni. Pisang yang ditempelkan ke dinding lalu di lakban itu merupakan karya seniman Italia, Maurizio Cattelan.

Karya seni pisang berjudul ‘The Comedian’ menjadi instalasi paling menghebohkan dan viral di jagat seni internasional. Tapi akhir pekan lalu, pengunjung Art Basel Miami dikagetkan oleh ulah seorang seniman bernama David Natuna asal New York.

Performance artist itu memakan pisang tersebut di hadapan banyak orang. “Ini pertunjukan seni,” ujar Datuna, dilansir dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

“Kami menghormaati Maurizio, tapi ini adalah pertunjukan seni,” ujarnya lagi.

Galeri seni Perrotin pun terkejut dengan ulah seniman Datuna. Dilihat dari unggahan video yang beredar, petugas keamanan pameran seni pun memboyongnya. “Sampai jumpa setelah berada di penjara, teman-teman,” katanya.

Setelah kejadian tersebut, pihak galeri mengganti pisang dengan yang lebih baru dan segar. Direktur Hubungan Galerie Perrotin, Lucien Terras, mengatakan sebenarnya pisang yang terjual Rp 1,68 miliar sedang berada di pencernaan seniman Datuna dan itu yang sebenarnya dibayar kolektor.

“Dia tidak menghancurkan karya seni. Pisang adalah idenya. Gegara pisang, ada begitu banyak ketegangan dan perhatian ke galeri kami. Tapi tanggapannya sangat bagus, membawa senyuman ke banyak orang,” pungkasnya.

SUMBER : Detik.com