Ponsel dengan Kamera Terbaik 2019 Versi DxOMark, Siapa Jawaranya?

LIGAPEDIA – DxOMark merilis daftar ponsel dengan kamera terbaik untuk 2019, yang terbagi dalam beberapa kategori. Siapa yang jadi jawara?

Sebagai informasi, DxOMark seringkali dijadikan acuan untuk menilai kamera, tak cuma kamera di ponsel melainkan juga DSLR dan mirrorless. Mereka melakukan pengujian pada banyak aspek kamera, exposure, warna, tekstur, noise, artifak, zoom, dan masih banyak lagi.

Terbaik secara keseluruhan
Huawei Mate 30 Pro dan Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition (Mi Note 10) didaulat DxOMark menjadi ponsel dengan kamera terbaik secara keseluruhan, karena kedua ponsel tersebut memang saat ini yang mempunyai skor terbesar di DxOMark.

Ponsel dengan Kamera Terbaik 2019 Versi DxOMark, Siapa Jawaranya?

Mereka menyebut Mate 30 Pro sedikit lebih baik ketimbang Mi Note 10 karena manajemen noise dan artifak yang lebih baik, sementara Mi Note 10 lebih baik dalam kinerja zoom-nya, dan punya kualitas video lebih baik.

Terbaik untuk video
Di kategori ini DxOMark mendaulat iPhone 11 Pro Max sebagai ponsel untuk perekaman video terbaik, tak cuma untuk ekosistem Apple, melainkan juga secara keseluruhan.

iPhone 11 Pro

Sementara di bawahnya ada Mi Note 10 yang menurut DxOMark mempunyai skor video sama dengan iPhone 11 Pro Max, namun ponsel buatan Apple itu punya sejumlah hal yang membuatnya lebih unggul.

Keunggulan itu ada pada opsi perekaman HDR dan ekosistem perekaman video mobile yang lebih baik.

Terbaik untuk zoom
Mi Note 10, yang punya sensor 108 megapixel, mendapat pujian dari DxOMark sebagai ponsel dengan zoom kamera terbaik dan ‘menghancurkan lawan-lawannya’ di kategori ini. Utamanya karena ada dua lensa tele yang dipakai di Mi Note 10, yaitu 2x dan 3,7x.

Mi Note 10

Di bawahnya ada Huawei P30 Pro, yang saat ini sudah tersedia di pasaran. Menurut DxOMark, detail yang terekam oleh P30 Pro memang tak sebaik Mi Note 10, namun perbedaannya tak terlalu jauh.

Terbaik untuk kamera wide
Meski LG adalah pabrikan yang mempopulerkan penggunaan lensa ultra wide di kamera belakang, namun mereka harus mengakui keunggulan Samsung Galaxy Note 10+ 5G untuk kategori ini.

Ponsel dengan Kamera Terbaik 2019 Versi DxOMark, Siapa Jawaranya?

DxOMark menyebut ponsel tersebut menawarkan area cakupan yang paling lebar dibanding para pesaingnya. Begitu juga dengan kualitas gambarnya yang terjaga, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan saat kondisi banyak cahaya.

Sebagai alternatif, DxOMark memilih iPhone 11 Pro Max, meski area cakupannya lebih sempit dan mempunyai noise yang lebih banyak ketimbang Galaxy Note 10+ 5G, namun ponsel buatan Apple itu bisa merekam tekstur dan detail yang lebih baik.

Terbaik untuk kondisi gelap
Kategori dimenangkan oleh Mate 30 pro, yang menurut DxOMark bisa menghasilkan foto terbaik di kondisi kurang cahaya. Di posisi kedua ada P30 Pro, yang juga dibuat oleh Huawei.

P30 Pro

Meski kedua ponsel itu menggunakan kamera utama yang sama, menurut DxOMark P30 Pro menghasilkan noise yang sedikit lebih banyak di kondisi gelap.

Terbaik untuk selfie
Kategori ini baru dibuat pada Januari 2019 oleh DxOMark, dan sebagai jawara pertamanya adalah Galaxy Note 10+ 5G, yang menurut mereka punya kualitas selfie, baik foto maupun video, terbaik.

Galaxy Note 10

SUMBER : Detik.com