Terkuak! Tambang Bawah Tanah Terbesar Dunia Ada di Indonesia, Secanggih Apa?

Jakarta – Tahukah Anda, tambang bawah tanah terbesar di dunia ada di Indonesia? Tambang tersebut dikelola oleh PT Freeport Indonesia (PTFI) di Papua. Seperti apa kecanggihannya?
“Tambang bawah tanah kita ini terbesar di dunia. Jadi kita perlu bangga bahwa tambang bawah tanah terbesar di dunia adanya di Indonesia khususnya di Papua,” kata Presiden Direktur PTFI Tony Wenas dalam wawancara eksklusif dengan detikcom baru-baru ini.

Tambang bawah tanah tersebut mulai dibangun infrastrukturnya pada 2004, dan baru berproduksi mulai 2015-2016. Jadi perlu waktu kira-kira 12 tahun untuk menikmati hasilnya dengan investasi yang dikucurkan sekitar US$ 8 miliar pada saat itu.

Top 6 Social Media Statistics For 2021 Marketers
“Dan ke depannya ini juga kita masih akan investasi di tambang bawah tanah sekitar US$ 15 miliar,” sebutnya.

Dia menerangkan bahwa cadangan di tambang Freeport masih cukup sampai tahun 2050. Bahkan potensi cadangannya masih bisa ditingkatkan dengan terus melakukan eksplorasi.

Cerita Presdir: Tambang Freeport Sempat Lockdown, Pekerja Terisolasi
Tambang bawah tanah Freeport pun sudah menggunakan teknologi canggih. Alat-alat berat dioperasikan dari jarak jauh.

“Soal otomatisasi, jadi semua peralatan alat berat yang ada di tambang bawah tanah itu dikemudikan secara remote dari jarak kira-kira 10 km dari tambang itu di ruangan yang ber-AC, dan oleh anak-anak muda, perempuan juga banyak mengoperasikan alat-alat berat,” jelas Tony.

Kemudian ada kereta bawah tanah yang juga dikendalikan dari jarak jauh. Jadi, di dalam kereta tidak ada tenaga manusianya.

“Dan ini bagian dari transformasi digitalisasi yang kita lakukan. Jadi memang tambang Freeport ini adalah salah satu tambang yang terbaik di dunia baik dari segi cadangannya, dari segi skalanya, dan juga dari segi good mining practices-nya, termasuk teknologi yang diterapkan,” tambahnya.

sumber : detik